Minggu, 22 November 2009

Akibat Yang Mengerikan Jika Alpa Minum Air Putih

Mengapa dokter sering menganjurkan kita untuk minum air putih. Betulkah sekurang-kurangnya kita harus minum air putih minimal 8 gelas sehari. Tentu yang dimaksud di sini adalah air putih tanpa racikan apapun seperti kopi, teh dan lain-lain. Berikut penjelasan sederhananya :


Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki Komponen air 95%. Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Jumlah di atas harus ditambah bila anda seorang perokok…

Untuk apa saja air sebanyak itu?. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.

Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari?. Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri untuk memenuhi kebutuhan air tersebut.

Caranya? Karena tidak ada pasokan air dari luar, maka tubuhmau tidak mau akan “menyedot” air dari komponen tubuh sendiri yaitu darah dan otak!.

Darah yang disedot airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka sirkulasi darah dalam pembuluh darah akan kurang lancar ketimbang yang encer. Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal. Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan sekian juta rupiah seminggu untuk cuci darah akibat ginjal gagal berfungsi.

Bagaimana dengan Otak? Apakah otak akan menjadi kering karena tersedot cairannya? Tentu tidaklah separah itu. Namun pada saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya akan sedikit terhambat. Otak tidak lagi“encer” dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, maka lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika kondisi ini ditambah dengan mereka yang punya sejarah penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah berat bila darah mengental…), maka serangan stroke bisa lebih lekas datang.

Sungguh jawaban yang cukup “mengerikan”.

Sekarang tinggal anda pilih : melakukan “investasi” dengan minum sedikitnya 8 gelas sehari – atau “membayar bunga” lewat sakit ginjal atau stroke. Anda yang pilih…!

Padahal minum air putih tidaklah seberapa sulit. Berikut Tips dan Trik minum air untuk memperoleh manfaat maksimal :

1. Minum 4 gelas air putih begitu bangun tidur. Sangat baik jika bangun di subuh hari,

2. Berhenti mengonsumsi makanan selama 45 menit setelah minum air putih, baru kemudian boleh menyantap sarapan,

3. Berhenti mengonsumsi makanan selama 2 jam dalam bentuk apa pun setelah makan pagi, baik berbentuk cair maupun kasar. Hal yang sama juga dilakukan pada jam makan siang dan malam,

4. Setelah makan malam tidak boleh mengonsumsi apa pun,

5. Jika 4 gelas air putih dirasa terlalu berat, terutama bagi yang telah lanjut usia, dapat digantikan sedikit demi sedikit dan bertahap sampai dapat menghabiskan 4 gelas sekaligus.

Semoga bermanfaat….

Tidak ada komentar: