Minggu, 22 November 2009

Mengubah Air Menjadi Api

Kecamatan Siding di kabupaten Bengkayang adalah salah satu kecamatan yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Tak dapat dipungkiri seperti halnya wilayah lain yang terletak di perbatasan, Kecamatan Siding sangat minim dengan sarana prasarana infrastruktur. Terlebih mengingat kondisi geografis kecamatan yang terletak di daerah pegunungan dengan letak desa yang terpencar-pencar serta akses antar desa yang sulit menambah lambannya pembangunan di kecamatan ini.

Salah satu model PLTMH

Akses dari kecamatan ke desa-desa atau antar desa secara tradisional kebanyakan mengandalkan transportasi sungai berupa motor air atau dalam bahasa setempat disebut Lembang. Itupun tidak selalu tersedia sarana angkutan reguler, hanya mengandalkan tumpangan Lembang milik penduduk yang kebetulan hendak bepergian. Perjalanan melewati jalan sungai juga tidak mudah, karena hampir semua sungai yang ada beraliran deras dan kerap harus melewati riam-riam yang berbatuan. Sementara jalan darat hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki melewati jalan setapak melewati hutan di punggung pengunungan dan lembahnya.

Tetapi ternyata Kecamatan Siding menyimpan potensi sumber daya alam yang melimpah yaitu banyak terdapat lokasi Air Terjun. Termasuk salah satunya terletak di desa Tangguh tepatnya di dusun Betung. Desa Tangguh adalah salah satu desa dari Delapan Desa yang ada di Kecamatan Siding yang berpartisipasi di Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) tahun 2008 silam. Energi kinetik yang dikandung Air Terjun tersebut hampir tidak pernah dimanfaatkan karena ketiadaan dana ataupun tidak cukup pengetahuan untuk memanfaatkannya, hingga ketika PNPM-MP hadir di Kecamatan Siding mensosialisasikan bentuk-bentuk kegiatan yang dapat didanai melalui Bantuan Langsung Masyarakat (BLM), warga Desa Tangguh langsung mengusulkan agar desa mereka dapat di aliri listrik dengan memanfaatkan potensi Air Terjun di desa mereka. Adapun bentuk kegiatan yang mereka usulkan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Singkat kata setelah melalui proses Penggalian Gagasan, Penulisan Usulan, Verifikasi Usulan oleh Tim Verifikasi Kecamatan hingga Musyawarah Desa Penetapan Usulan, kegiatan prasarana PLTMH di Desa Tangguh siap untuk dilaksanakan. Debit air terjun yang melimpah sekalipun dimusim kemarau, elevasi atau beda tinggi yang cukup antara rencana bangunan penangkap (intake) dengan rumah turbin (power house) dan kemiringan tebing lebih dari 40 derajat membuat usulan tersebut layak untuk dilaksanakan.

Meskipun sudah diprediksi sebelumnya kesulitan yang harus dihadapi dalam melaksanakan kegiatan tersebut jika nantinya di danai, tak urung pelaksanaan pembangunan PLTMH di Dusun Tangguh harus menghadapi berbagai permasalahan dan kendala. Mobilisasi material ke lokasi perkerjaan menjadi hal yang tidak pernah dilakukan sebelumnya di desa tersebut. Diperlukan lebih dari 4 jam waktu tempuh dari Ibu Kota Kecamatan menuju Desa Tangguh melalui sungai. Sedangkan jika melalui darat bisa seharian berjalan kaki. Ratusan batang pipa PVC ukuran 12 Inci, ber ton-ton Kabel Listrik standar PLN, Turbin dan Generator yang beratnya mencapai 4 Ton hanya dapat didatangkan melalui jalan sungai. Puluhan Lembang dikerahkan untuk mendatangkannya.

Di sini peran Kepala Desa Tangguh, Mudin sangat berjasa dalan mengerahkan seluruh penduduk desa untuk mendatangkan material tersebut. Material yang diangkut dengan Lembang setelah perjalanan jauh melewati riam-riam, harus diangkut lagi dari pinggir sungai. Ratusan batang pipa PVC ukuran 12 inci diangkut oleh 6 hingga 8 orang setiap batangnya dengan berjalan kaki dalam perjalanan yang menanjak menuju gunung lokasi air terjun di Dusun Betung. Puluhan orang dikerahkan untuk mengangkut turbin dan generator. Sedangkan kabel listrik harus dibuka dulu dari gulungannya untuk memudahkan pengangkutan dan ditarik beramai-ramai seperti menarik ular yang panjangnya hingga 1000 m.

PLTMH dengan sistem pipa dan turbin semi tertutup yang dalam Rencana Anggaran Biaya dianggarkan biaya sebesar Rp. 347.572.000, termasuk operasional TPK sebesar Rp.10.428.000, operasional UPK Rp. 6.952.000 dan swadaya masyarakat Rp.17.355.000,- dengan segala macam kendala yang ada akhirnya selesai juga. Bangunan fisik mulai bangunan intake, rumah turbin hingga pemasangan pipa dan pemasangan jaringan kabel dapat diselesaikan dalam tempo 3 bulan. Dalam pelaksanaannya Swadaya masyarakat dalam mobilisasi dan pengangkutan material menjadi membengkak dan tak dihitung lagi, sebab hampir seluruh penduduk desa turun tangan membantu.

Pada awalnya sulit membayangkan mobilisasi material seperti mesin turbin, generator, kabel dan pipa PVC diameter 12 inc sampai ratusan batang ke lokasi dengan medan yang serba sulit dengan jarak tempuh yang sangat jauh, hanya mengandalkan Lembang yang kapasitasnya sangat terbatas.

Kemauan yang keras, semangat gotong royong yang kental, rasa kebersamaan masyarakat kelompok pengusul menyebabkan bangunan PLTMH yang dicita-citakan mereka kini bisa terwujud. Tibalah saat yang ditunggu. Dengan harap-harap cemas masyarakat menunggu saat ujicoba PLTMH. Begitu kran (gate valve) dibuka, air dari Intake meluncur deras di dalam pipa 12 inci menuju rumah turbin, memutar turbin berdiameter 0,5 m dengan kencangnya. Putaran turbin-pun dengan perantaraan fanbelt menggerakkan generator dengan kapasitas 40 KV. Semua terdiam menunggu. Begitu saklar di kontrol panel dinyalakan, seketika itu pula lampu di di rumah-rumah menyala. Sontak desa yang terletak di atas gunung tersebut yang biasanya sunyi senyap bergemuruh oleh sorak sorai penduduknya. Tak terperikan ekspresi kegembiraan mereka. Ada yang meloncat-loncat kegirangan, saling berpelukan dan ada juga yang langsung bersujud syukur. Karena selama ini, dalam mimpi-pun mereka tak berani membayangkan bahwa desa mereka akan dialiri listrik. PLTMH berkekuatan 40.000 watt yang mereka bangun cukup untuk menerangi sebanyak 112 rumah di dua dusun, yaitu dusun Kapot dan dusun Betung.

Kini malam-malam di Desa Tangguh tak lagi gelap gulita. Jika kita berkunjung ke sana pada malam hari, kita akan takjub melihat sinar benderang di pegunungan. Dari kejauhan letak desa mereka sudah dapat dikenali dari penerangan lampu di rumah-rumah penduduk, bagaikan kota di tengah hutan.

Perubahan drastis mewarnai kehidupan masyarakat Desa Tangguh. Sekarang masyarakat tidak lagi ketinggalan informasi, karena mereka yang mampu segera membeli televisi, megharukan karena ada yang baru pertama kali menonton televisi, mengharukan jika ternyata ada yang baru pertamakali minum es batu (mereka menyebutnya air batu) karena sudah ada yang bisa membeli lemari es sebab sudah ada listrik.

Salah satu kesepakatan yang dibangun di masyarakat demi menjaga kelestarian prasarana yang dibangun menggunakan dana BLM PNPM-MP, PLTMH hanya dinyalakan pada malam hari yaitu dimulai pukul 17.00 hingga 22.00 malam. Masyarakat juga dibebankan iuran sebesar Rp. 25.000,- perbulan per KK untuk biaya perawatan. Dana tersebut dikelola oleh Tim Pelihara yang ditunjuk langsung oleh masyarakat. Sementara Pihak Desa bersama BPD mulai menyusun Perdes mengenai Perlindungan Alam. Lahan hutan di sepanjang Daerah Aliran Sungai di sekitar Intake dijadikan Hutan Lindung, agar sumber air terjaga sepanjang masa.

Listrik di Desa Tangguh ini tentunya menjadi perhatian bagi desa-desa lain, bahkan hingga ke kampung Gumbang yang terletak di wilayah Negara Malaysia. Warga kampung Gumbang dulunya adalah warga Desa Tangguh, pada saat konfrontasi Indonesia dengan Malaysia mereka memilih jadi warga Malaysia, namun kini mereka sudah ada yang berencana pulang kampung sebab kampung Gumbang ternyata masih gelap pada waktu malam hari. Terima Kasih PNPM-MP, Desa kami tak lagi gelap pada malam hari. Berkat Air yang diubah menjadi Api (Listrik).

Diceritakan oleh : APEN SUPENDI ( FT. Kecamatan Siding )
Edited by : Abeng

3 komentar:

Anonim mengatakan...

tapi sayang, sistem administrasi di desa tangguh masih hancur.... apalagi kepala desa yg udah korupsi dan menuduh orang lain yang korupsi... skr kepala desa itu kaya mendadak.... dan kafir...

Unknown mengatakan...

bravo !!!
Bagi pltmh.sukses ! Salut ! ,terlepas dari masalah adm kpl desa yg 'katanya' korupsi dsb. Ini adalah suatu sukses besar bagi program pnpm-np.saya kira,kita bangsa indonesia butuh dengar berita2 spt ini.kalau bisa harap berita ini,masuk tv,biar jadi pemacu semangat masyarakat 'pinggiran'di daerah lain.hayoo...maju semua daerah TERPENCIL di indonesia,mari manfaatkan teknologi.ayo..semangat !! .trims.

Unknown mengatakan...

tidak semuanya berjalan mulus seperti yg agan katakan. coba di tinjau ulang semua cara kerja dan keadaan fasilitas di Desa Tangguh.
Laporan y ada tidak bisa digunakan, harap ditinjau kembali fasilitas kelistrikan, gagal semuanya. ada sistem dalam pembangunan yg sesuai dgn yg kita harapkan. Untuk membangun PLTMH tidak semudah yg qta bayangkan. namun harus menggunakan IPTEK.